STUDY TOUR KE BALI

t   Tanggal 9-13 April  kelas XI SMA Negeri 4 Surakarta study tour ke  B A L I....

·         Kita berangkat jam 09.30 padahal di jadwal jam 8.30 . Semua sudah menunggu sangat lama karena ada pengarahan-pengarahan dan doa dulu dari kepala sekolah. Habis itu kita langsung berangkat. aku dapat bis urut 5. didalem bis tidak hanya kelas XI IPS 1, tpi ada XI IPS 2,3 dan 5.  Perjalanan Solo-Bali sangaat lama

Sampai di bali kita tidak  langsung check-in di hotel, tapi kita mampir sarapan+mandi di salahsatu rumah makan di Bali. Setelah itu tujuan pertama kita adalah ke Tanah Lot , ditanah lot kita beruntung karena disana pas acara adat bali . namun saat itu sedang pasang jadi kita tidak nisa turun kebawah dekat sumber mata air :(
     setelah itu  lanjut ke Museum Bajra Sandim karena merasa tidak menarik , aku dan teman teman malah makan bakso di dekat parkir bis . setelah dr bajra sandi kita makan ke RM Kartalangu , di RM.Kartalangu juga menjual oleholeh berupa makanan khas Bali dan barang barang khas Bali. kemudian selesaimakan kita lanjut lagi ke desa adat Panglipuran, di desa adat itu hawanya sangat dingin , karena tempatnya di daerah dataran tinggi, desanya masih sangat asri dan adat istiadatnya masih kental banget disana. setelah dr Desa Adat kita balik ke RM.Kertalangu untuk membeli oleholeh , padahal dijadwal harusnya kita ke pantai Sanur . semuanya kecewa , tapi mau gimana lagi pihak tour yang menentukan .
s   Di Kertalangu aku dan teman teman tidak membeli oleholeh , karena sudah males ga jadi ke Sanur. Barulah habis dari situ kita chek-in di hotel..
     sampai dihotel kita tidak langsung tidur , kita mandi makan , lalu cerita bareng temen2  . lalu tidur ..

Di hari kedua tujuan pertama kita adalah ke Pengolahan Limbah Suwung disana kita benar benar suwung . ga enak banget.. kemudian kita lanjut ke Tanjung Benoa. Di Tanjung Benoa ada banyak banget permainan-permainan air yang seru. Tapi aku cuma ke Pulau Penyu.disana  Kita bisa liat banyak penyu-penyu segala ukuran, ada juga binatang lain seperti burung elang, kelalawar, ular, dll. disana aku bisa foto dengan burung dan ular.. Setelah dari situ kita mampir dulu di Puja Mandala, di tempat ini ada 5 tempat ibadah yang saling berdekatan. Abis itu sih kita rencananya sih kita mau ke GWK, jogger, trus lanjut ke kuta. Tapi karena keadaan yang tidak memungkinkan kita cuman bisa ke GWK dan joger (beli oleh-oleh). kita jadinya ga ke kuta :( padahal rasanya ke bali ga ke kuta bagai sayur tanpa garam , hampa banget :( tpi mau gmna lgi keadaan yang memaksaaa. habis dr joger kita langsung balik pulang . mlam kedua ini semua siswa pada kecewa mereka tidak lagi ngobrol2  tapi langsung tidur

Hari ketiga…
     Hari ini kita langsung siap-siap meninggalkan hotel untuk perjalanan pulaaang… eh tapi sebelum itu kita ke pantai Sanur dulu karena sempat tertunda. tapi disanur juga pas air laut lagi pasang jadi kita hanya dipinggirannya saja :(  Habis dari sanur kita lanjut perjalanan ke Bedugul. kita makan siang dibedugul , kemudian aku dan teman tteman ips1 naik sampan menuju goa jepang , namun baru foto2 di gua jepang kita sudah dipanggil untuk segera menepi karena akan melanjutkan perjalnan pulang .. padahal kita belum puas :( kemudian kita melanjutkan perjalanan pulang .. kita lewat bali bagian utara kita melewati singaraja .